Jumat, 23 Desember 2011

PENTINGNYA PENDIDIKAN DI LUAR SEKOLAH DAERAH TERTINGGAL


Juni 1, 2010Tinggalkan sebuah Komentar

       Kita menyadari bahwa SDM di negara kita yang masih terbilang cukup rendah, setidaknya kita masih memiliki suatu sikap yang optimis pula, guna dapat mengangkat SDM kita yang masih serba ketertinggalan tersebut.Adapun salah satu usaha yang dapay kita tempuh yaitu melalui pendidikkan non formal atau lebih di kenal dengan pendidikan luar sekolah (PLS).
Oleh karena itu perhatian dari pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Barau sangatlah dibutuhkan sekali, mengingat daerah – daerah disekitar masih banyak yang belum terjamah pendidikan, baik itu mulai dari PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ), Kesetaraan (Paket A, B, dan C), dan dari segi pembinaan kelembagaan yaitu Kursus, PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ), TBM ( Taman Baca Masyarakat ) / Perpustakaan PLS, yang terbilah masih sangat kurang di daerah Kabupaten Berau.
Dukungan dari pemerintah setempat sangatlah mempengaruhi, guna meningkatakan taraf pendidikan serta kesejahteraan masyarakat setempat yang tinggalnya masih berada di pedesaan yang cukup terisolir.Maka dengan adanya program-program yang sangat berguna dari PLS tersebut setidaknya dapat disebar di penjuru daerah tertinggal yang ada di Kabupaten Berau.
Pemerintah melalui semangat otonomi daerah adalah menggerakan program pendidiakn non formal tersebut, sebab berdasarkan UU No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional secara lugas dan tegas menyebutkan bahwa pendidikan non formal akan terus di tumbuhkembangkan dalam kerangka mewujudkan pendidikan yang berbasis masyarkat, serta pemerintah juga bertanggung jawab atas kelangsungan pendidikan non formal sebagai upaya bagi penuntasan wajib belajar 9 tahun.
       Dalam sosialisasinya mengenai pemerataan PLS di daerah tertinggal, secara bertahap akan terus ditingkatkan jangkauan pelayanan serta peran masyarakat dan pemerintah daerah guna menggali dan memanfaatkan seluruh potensi masyarakat yang ditujukan sebagai pendukung penyelenggaraan PLS.
Adapun rencana baik yang perlu dilakukan bagi daerah tertinggal baik tingkat provinsi ataupun kabupaten Kota yaitu :
1. Peningkatan pemerataan serta jangkauan pendidikan anak usia dini
2. Penuntasan buta aksara melalui program Keaksaraan Fungsional
3. Perluasan, pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan berkelanjutan melalui program pembinaan kursus, kelompok belajar usaha, magang, beasiswa/kursus
4. Peningkatan pemerataan PKBM yang masih terbilang kurang atau bahkan tidak ada di berbagai daerah di Kalimantan Timur.
5. Peningkatan pemerataan, jangkauan dan kualitas pelayanan Kejar Paket A setara SD dan B setara SMP;
       Dalam pelaksanaannya dalam beberapa tahun mendatang setidaknya Pendidikan Luar Sekolah harus mampu membentuk SDM berdaya saing tinggi, dan sangat ditentukan oleh SDM muda (dini), dan tepatlah Pendidikan Luar sekolah sebagai alternative di dalam peningkatan SDM ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar